Perlunya Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Administrasi Keuangan Kampung

Bimtek Keuangan Kampung

 

Perlunya Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Administrasi Keuangan Kampung (27/02/2019)

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Fitur-fitur yang ada dalam Aplikasi Pengelolaan Keuangan Desa dibuat sederhana dan user friendly sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi SISKEUDES

Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Administrasi Keuangan Kampung Tahun Anggaran 2019, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung DPMK Kabupaten Aceh Tengah Mengadakan Pelatihan/Bimtek Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang dilaksanakan selama 7 hari/Angkatan mulai tanggal 19 s/d 27 Februari 2019 Bimtek ini diikuti oleh 295 Operator Kampung, 14 Operator dari tingkat Kecamatan dan Pendamping Desa dalam Kabupaten Aceh Tengah yang dilaksanakan secara bergilir.

Terkait hal tersebut, Khususnya Pelatihan Kampung dalam Kecamatan Pegasing dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 Februari 2019 bersamaan dengan Kampung dari Kecamatan Atu Lintang yang dimulai dari pukul 09:00 s/s 17:00 Wib. Bimtek untuk sesi terakhir diikuti oleh 42 Kampung, 2 Operator Kecamatan serta Pendamping Desa  dan sekaligus dengan penutupan acara, yang menjadi Nara Sumbar atau Pelatih dalam acara ini yaitu Bapak Ahmadsyah dan Bapak Fauzi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, tujuan diadakannya pelatihan ini disebabkan adanya perubahan sub-sub dari Aplikasi Sikeudes tahun 2018 lalu disamping itu juga perlunya penguatan pengetahuan Operator Desa.

Pada penutupan acara, Bapak Drs. Windi Darsa, MM selaku Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung memberikan semangat kepada seluruh operator Desa/Kampung agar bersinergi dalam melaksanakan tahapan administrasi pengelolaan keuangan kampung dan memaparkan harapan dengan diadakannya bimtek ini pengelolaan dana desa di Kampung  dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku selanjutnya beliau menutup acara Pelatihan, hingga akhir acara ini berjalan dengan hikmat.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan