PUTRI ASLI KELAHIRAN KAMPUNG KUNG RAIH GELAR DOKTOR DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA (UINSU)

Kung, Medan Tanggal 22 Januari 2020 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar Ujian Promosi Doktor yang salah satunya adalah Dr. Evanirosa MA, yaitu sorang putri asli kelahiran Desa Kung 18 Oktober 1982 anak dari Bapak Armada dan Ibu Sabariah yang menetap hingga saat ini di Kampung Kung Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.

Ujian Terbuka tersebut turut dihadiri oleh Bupati Gayo Lues yang diwakilkan Kepada Asisten 1, Para Dosen STAIN Gajah Putih Tekengon, Teman-teman perkuliahan dan dihadiri juga oleh keluarga besar dari kampung Kung. Pada ujian tersebut Desertasinya yang berjudul “Reaktualisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Sumang pada Masyarakat Suku Gayo”  mampu dipertahankan dengan argumentasi yang baik.

Untuk diketahui tujuan beliau mengangkat tema “Sumang” bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai Pendidikan Islam dalam budaya sumang, sebab pada umumnya masyarakat gayo telah memiliki aturan pergaulan atau perbuatan yang harus dijauhi, ditinggalkan, sekaligus dipantangkan kerena melanggar nilai adat dan syari’at, melihat kondisi saat ini nilai dan norma di tengah-tengah masyarakat semakin melemah sehingga mengingkatnya degradasi moral dan etika begitu tegasnya.

Saat dijumpai Kelompok Informasi Kampung Kung (KIK/KIG) beliau Juga berencana untuk melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat sebagai salah satu Tridama Perguruan Tinggi sekaligus membangun potensi Pendidikan Nonformal seperti Remaja Masjid (BKPRMI) dan TKA/TPA Qawi Kung yang duhulunya adalah tempat dimana dia menjadi santriwati dan sempat juga menjadi Ustadjahnya, sambil senyum lebar biliau mengatakan “Kekuneh Pe Ke Turah Kampung diri te mulo”.  (KIK-25/02/2020)

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*