GEMAPATAS 2023

  • Feb 03, 2023
  • Rahmatsyah Putra
  • LINGKUNGAN, PEMERINTAHAN

Kung, Pejabat Bupati Aceh Tengah Ir. T Mirzuan, MT mengahadiri kegiatan Gerakan Masyarakat Pemasangan Batas Tanah (GEMAPATAS), bersama badan Pertanahan Nasional (BPN) di Desa Kung Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah Jum'at 3 Februari 2023.

Kegiatan Gema Patas, Guna mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dalam penyelenggaraan kegaiatan ini juga di hadiri oleh Kaporlres, Dandim, Kadis Pertanahan, Aceh Tengah, turut juga hadir Camat Pegasing.

Dalam sambutannya Bupati Aceh Tengah menyampaikan bahwasanya kegiataan ini bertujuan untuk mewujudkan memberi kesempatan dan memberikan kepastian perlindungan hukum dan mengurangi serta komplik atas sengketa tanah, langkah awal dalam PTSL pelaksanaan pengumpulan data fisik dan sebelum pelaksanaan dilaksanakan pemasangan tanda batas, maka dari itu untuk melancarkan khusunya di Desa kung sudah dipasangkan 295 patok.

kegaiatan PTSL di Desa kung sudah dimulai sejak tahun 2021 namun kegiatan tersebut sempat di hentikan karena adanya kendala. sehingga pelaksaannya di tunda dan dilaksanakan kembali pada tahun 2023. masyarakat desa kung sangat mengapresiasi kegaiatan GEMA PATAS karena harapan yang dulunya sempat terputus kini dilaksanakan kembali.

Disamping itu dengan adanya kegaiatan PTSL kepemilikan tanah di Desa kung khususnya juga akan dilindungi hukum, sehingg mencegah terjadinya komplik antara masyarakat serta menutup pintu bagi mapia tanah.