PEMERINTAHAN DESA KUNG HADIRI PELATIHAN BATAS DESA PROVINSI ACEH

  • Oct 10, 2023
  • Rahmatsyah Putra

Kung, Pemerintahan Desa Kung Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah memenuhi undangan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Acara tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dalam rangka meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Melalui program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3MD) Tahun 2023. Turut hadir dalam acara tersebut yakni Bedel Desa Kung, Banta Desa Kung, Ketua RGM Desa Kung dan Ketua Pengurus TP-PKK Desa Kung.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa merupakan salah satu amanat atau perintah Presiden Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dengan memperkuat daerah-daerah desa dalam rangka negara kesatuan serta seluruh jajaran pemerintah dari pemerintah daerah sampai ke Desa, dituntut untuk meningkatkan pelayanan umum, oleh sebab itu kegiatan tersebut merupakan wadah untuk meningkatkan kapasitas pemerintahan Desa dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh, Dr.Ir. Zulkifli, M.Si menjelaskan bahwa tantangan aparatur Desa dalam mengelola Pemerintahan Desa  kedepan sangatlah berat, mengingat kucuran Dana Desa semakin bertambah. Jadi aparatur Pemerintahan Desa dituntut untuk terampil dan memiliki kemampuan dalam mengelola Desa, "Manfaatkan momen pelatihan ini untuk menggali informasi dan regulasi regulasi terkait pengelolaan pemerintahan Desa, agar Dana Desa tidak menjadi boomerang bagi aparatur Desa dan masyarakat,harap Zulkifli".